(solved) HP communication error 5012, Bersihkan head cartridge printer

Written by Hamzah

On December 26, 2016

Saya nulis karena sudah dua kali mengalami masalah ini, hasil googling dapet dari inet nggak ada yang ngaruh (tapi tetap saya tuliskan juga yag dari inet). Sebelum anda mencoba cara mengatasi “HP communication error 5012” (versi saya sendiri) yang akan saya tulis di bawah nanti.
kalau saya dapat dari : https://bugs.launchpad.net/hplip/+bug/1191579 dapat dua solusi :
1. Reconfigure print queue with the commands in the terminal mentioned below.
=> system-config-printer (remove all print queues)
=> hp-setup -g <IP Address of the printer> (It should not be run in a root mode. This command is adding print queue, make sure you select ppd name having “-ps” or “hpcups” substring)
e.g $hp-setup -g 192.168.3.45
=>Try printing now.
2. “sudo gedit /etc/cups/printers.conf” and then change the URI from “sz=HP7ED046” into “ip=192.168.0.100”, and then “sudo /etc/init.d/cups restart”
dan semua tidak mempan alias print saya tetap tidak bisa nge-print.
Sedang langkah yang saya lakukan dengan mengira-ngira sendiri,
1. Hapus aplikasi dan driver printer HP di komputer, restart komputer, lalu add lagi driver + aplikasinya.
langkah tersebut berhasil mendeteksi adanya driver printer dan bisa terpasang di komputer, tapi ketika mau melakukan print/mencetak tiba-tiba ada komentar ” HP communication error 5012″ lagi. berkali-kali saya lakukan cara di atas, hasilnya tetap sama.
(solved) HP communication error 5012, Bersihkan head cartridge printer 12. Saya mulai berpikir kalau masalah “HP communication error 5012” adalah masalah komunikasi dengan hardware printer. Sempat berpikir kemungkinan kabel USB yang menghubungkan printer dengan komputer. cuma dimana mau pinjam kabel USB printer? karena bingung cari pinjaman, Kemudian saya coba kemungkinan lain, yaitu cartridge printer kotor, lalu saya buka cartridge-nya, dan saya bersihkan dengan air hangat pada bagian rangkain elektriknya (gambar no 1) dan bagian bawah tempat keluar tinta (gambar #02), dan bagian print tmpat cartridge, supaya tidak konslet lalu saya keringkan dengan hair dryer.
dan alhamdulillah, printer kembali normar.
** NB : ini adalah pengalaman pribadi, dan saya tulis untuk pengingat, segala bentuk kerugian yang ditimbulkan bukan tanggung jawab saya. DWYOR !!

Archives

Categories

Artikel lainnya

Giveaway MacBook Pro dari ElegantThemes

MacBook Pro Ada Giveaway MacBook Pro dari ElegantThemes dalam rangke menyambut peluncuran themes divi /divi builder versi 4. untuk ikut giveaway ini anda cukup isi formulis di web https://www.elegantthemes.com/black-friday-2021/ Untuk keterangan tentang divi versi 4...

Video Tutorial WordPress Bahasa Indonesia 6-11

Video Tutorial WordPress Bahasa Indonesia 6-11

Membuat / setting menu website wordpress Tutorial memasukkan video Tutorial Wordpress Edit Post dan Page / Halaman Edit dan Tambah kategori di website wordpress Ganti password website wordpress Moderasi komentar di website wordpress 6. Membuat / setting menu website...

Video Tutorial WordPress Bahasa Indonesia 1-5

berikut lima video tutorial tentang wordpress Cara login ke halaman admin wordpress Tutorial Posting Tulisan WordpressMemasukkan Gambar di website wordpress Membuat featured image di website wordpress Cara Membuat Page / halaman di wordpres Cara login ke halaman admin...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This