Tanda Balita Sedang Stress

Written by Hamzah

On February 3, 2014

Siapa bilang stres hanya milik pekerja? Balita juga bisa stres. Penyebabnya hampir sama, berkisar kurangnya rasa sayang, keselamatan dan keamanan. Jangan diabaikan, stres berkepanjangan pada balita cukup bahaya.
Bila dibiarkan, stres bisa menimbulkan trauma hingga dewasa kelak. Apa saja indikator yang menunjukkan balita Anda mengalami stres?
Kurang tidur
Balita yang kurang istirahat akan menunjukkan stresnya pada siang hari. Ia akan terlihat gelisah atau bahkan merengek terus. Jika ini terjadi, tidurkan ia di tempat yang membuatnya nyaman.
Agresif
Anda perlu khawatir saat anak berubah menjadi lebih aktif. Ini merupakan tanda ia sedang tidak nyaman. Biasanya ini ditunjukkan dengan tangisan, merengek, memukul, atau berteriak. Coba respon aksinya dengan lebih tenang, agar ia ikut tenang.
Pendiam
Jika balita terliha diam saat berada di tempat umum atau saat berkumpul, bisa dipastikan ia sedang dalam tekanan. Ini disebabkan karena tak semua balita mampu berinteraksi dengan orang lain.
Ngompol
Ini terjadi bukan karena ia tidak bisa pergi ke kamar mandi, melainkan sedang tegang. Alasan ketegangan tersebut antara lain karena kurang rasa sayang atau rasa aman.
Mengisap jempol
mengisap jempol mungkin telrihat menggemaskan saat dilakukan balita. Namun kebiasaan ini bisa berdampak pada kesehatannya. Balita melakukan hal tersebut karena rasa stres. Mengisap jempol adalah “obat” penenang.
Sumber : Viva

Archives

Categories

Artikel lainnya

Gus Mus : Perbedaan Laki-laki dan Perempuan

Perbedaan Laki-laki dan Perempuan sangatlah besar, bahkan lebih besar daripada perbedaan sebuah bangsa atau suku. Perbedaan keduanya adalah perbedaan yang fitri (sangat mendasar), oleh sebab itulah Allah mendahulukan kata laki laki dan perempuan daripada (perbedaan)...

Info orang hilang. Bantu share ya sob

Info orang hilang. Bantu share ya sob... Telah meninggalkan rumah pada tanggal 1 November 2014 seorang remaja dengan ciri-ciri sebagai berikut : Nama : Eka Putra Ardonsia Alamat : Jl. Bulak Towo Kidul no 36j Gg. Jambu Dersono Kertosono Nganjuk Tinggi : -+ 168cm Kulit...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This